News Flash
  •  27-07-2016 | UKI PAULUS Terakreditasi Institusi dengan Nilai Akreditasi "B" berdasarkan SK BAN PT 1024/SK/BAN-PT/Akred/PT/VI/2016 tgl 17 juni 2016
  •  19-10-2017 | Penandatangan MoU antara UKI Paulus dengan Bupati Toraja Utara, Kamis 19 Oktober 2017 Pukul 14.00 tempat lobby rektorat
  •  28-11-2017 | Ibadah perayaan Natal civitas akademika UKI Paulus akan dilaksanakan pada hari: Jumat, tgl 15 Desember 2017, Tempat: GPI UKI Paulus
  •  26-04-2018 | Pembinaan Spritualitas Mahasiswa Baru UKI Paulus dilaksanan setiap hari Jumat, Pukul 12.00 - 13.00

Program Studi Teknik Kimia

Program Studi Teknik Kimia

PIMPINAN PROGRAM STUDI
Pembina         : Prof. Dr. Ir. Tjodi Harlim
Ketua             : Dra. Lyse Bulo', M.Si.

LATAR BELAKANG:
Begitu pentingnya keberadaan Program Studi Teknik Kimia dalam memenuhi tuntutan industri. Baik industri kecil, menengah ataupun industri besar berbasis sumber daya alam hayati yang tidak bisa ditolak keberadaannya sekarang ini. Program Studi Teknik Kimia UKI Paulus hadir untuk menjawab kebutuhan tersebut. Sejak Program Studi Teknik Kimia dibuka pada tahun 1992, Program studi ini telah banyak menghasilkan alumni yang tersebar di berbagai perusahaan, industri dan instansi pemerintah. Skarang ini banyak pula alumni yang berprofesi sebagai tenaga pengajar ilmu kimia di sekolah lanjutan atas setelah mengambil akta empat akibat minimnya ketersediaan tenaga pengajar di bidang kimia. Namun kondisi tersebut bukanlah kondisi ideal dari tujuan dibukanya Program Studi Teknik Kimia UKI Paulus. Program Studi Tekni Kimia berorientasi untuk menghasilkan sarjana teknik kimia yang memiliki jiwa kewirausahaan berbasis sumber daya alam hayati. Sumber daya alam hayati yang begitu melimpah di Indonesia dan di Sulawesi Selatan pada khususnya membutuhkan begitu banyak sarjana  teknik kimia yang mampu melakukan inovasi untuk memenuhi kebutahan utama energi baru dan terbarukan.
Kurikulum yang dibuat Program Studi Teknik Kimia berorientasi untuk menghasilkan sarjana Teknik Kimia ysng mempunyai keahlian diantaranya energy alternatif, proses industry dan pengolaan bahan alam. Program Studi Teknik Kimia akan siap untuk menampung lulusan Sekolah Menengah Atas atau sederajatnya untuk dijadikan sarjana Teknik Kimia yang mampu membawa Indonesia menjadi Negara Industri berbasis Sumber Daya Alam Hayati.

VISI :
Menjadi Program Studi Teknik Kimia yang Unggul dalam Pembelajaran, Pengembangan dan Transfer Teknologi Kimia untuk Pengelolaan Sumber Daya Alam.

MISI :
a)    Menyelenggarakan Program pendidikan sarjana teknik kimia yang berkualitas tinggi sehingga menghasilkan lulusan yang kompetitif dan professional.
b)    Melakukan penelitian dasar dan terapan secara inovatif dan produktif dalam rangka mendukung Universitas mendapat pengakuan di tingkat nasional, regional, dan bahkan internasional.
c)    Memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan berperan sebagai sumber daya pendidikan dan teknologi dalam pengelolaan sumber daya alam.

Tujuan :
Pendidikan yang diselenggarakan di Program Studi Teknik Kimia UKI Paulus bertujuan menyiapkan para lulusan menjadi contributor yang berarti bagi lapangan kerja dimana mereka mengabdikan diri. Dengan demikian pendidikan di Program Studi Teknik Kimia UKI Paulus diarahkan supaya para lulusan dapat mencapai tujuan – tujuan berikut dalam jangka waktu 5 tahun sejak kelulusan mereka :
1)    Menghasilkan lulusan yang mampu berkompetisi  dan berkembang dalam profesi mereka dengan mempraktekkan prinsip – prinsip dan metode – metode teknik kimia dalam jalur karir keteknikan, manajerial maupun jalur – jalur lainnya.
2)    Menghasilakan lulusan yang mampu bekerja sama dalam tim dalam satu organisasi dengan menerapkan dan mengembankan kecakapan komunikasi dan kepemimpinan.
3)    Menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan dalam memberdayakan masyarakat melalui pengembangan konsep pemecahan masalah dengan menggunakan metode ilmiah sesuai dengan substansi dan keterampilan.


Beberapa Perusahaan yang hingga kini sebagai tempat alumni teknik kimia UKI Paulus bekerja sebagai berikut :
PT. Pertamina, PT. Freeport, PT. VALE, PT. Sucofindo, PT. LNG BADAK, PT. TONASA, PT. JAFPA, PT. EASTERN PEARL FLOUR MILLS Makassar, Bank Mandiri, Bank BCA dll.

Fasilitas :

  1. Ruangan Kuliah ber “AC”
  2. Ruangan Seminar
  3. Perpustakaan Jurusan
  4. Laboratorium Kimia Sains
  5. Laboratorium Operasi Teknik Kimia
  6. Laboratorium Proses Produksi
  7. Laboratorium Penelitian
  8. Laboratorium Komputer
  9. Laboratorium Fisika
  10. Free Hotspot


Keterampilan yang akan diperolah setelah tamat dari TEKNIK KIMIA UKIP adalah :
1.    Mendesain suatu Industri
2.    Mengolah bahan Tambang
3.    Mengoperasikan alat Sulingan
4.    Mengolah sampah menjadi produk yang lebih ekonmis
5.    Mengolah bahan alam hayati

Dengan keterampilan tersebut anda dapat mendirikan Industri rumah :
1.    Pembuatan kopi instan
2.    Pengolahan sampah
3.    Energi alternatif
4.    Sabun colek, transparan
5.    Nata de coco
6.    Minyak atsiri ( Nilam, Jeringau )
7.    Industri tepung terong Belanda


Lapangan Kerja yang terbuka bagi anda jika Lulus dari Teknik Kimia :
1.    Industri Pupuk dan Kimia
2.    Pertamina
3.    Industri Plastik dan Resin
4.    Industri Pertambangan
5.    Industri Obat dan Farmasi
6.    Industri Makanan dan Minuman
7.    Industri Logam dan Metalurgi
8.    Industri Perminyakan
9.    Konsultan Pabrik
10.  Perbankan

Kompetensi Lulusan
Program Studi Teknik Kimia UKI Paulus mengambil sebelas butir kompetensi umum kerekayasaan yang diformulasikan oleh Asosiasi Pendidikan Teknik Kimia Indonesia yaitu :
1)    Kemampuan untuk mengaplikasikan kemampuan matematika, sains dan teknik ( engineering ).
2)    Kemampuan untuk merancang dan menjalankan eksperimen serta menganalisis dan menginter – pretasikan data.
3)    Kemampuan untuk merancang sistem,  komponen atau proses untuk memenuhi suatu kebtuhan.
4)    Kemampuan untuk berperan serta pada suatu tim yang bersifat multin – disiplin.
5)    Kemampuan untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah – masalah teknik.
6)    Pemahaman tentang tanggung jawab profesional dan etika.
7)    Kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif.
8)    Cakupan pengetahuan cukup luas untuk memahami pengaruh tindakan teknis yang diambilnya terhadap masyarakat dan dunia global.
9)    Kesadaran akan pentingnya belajar seumur hidup dan kemampuan untk menjalankannya.
10)    Pengetahuan tentang isu – isu kontemporer.
11)    Kemampuan untuk memanfaatkan teknik – teknik, keahlian – keahlian dan peralatan teknik modern yang diperlukan untuk pelaksanaan tugas – tugas profesionalnya.

STRATEGI PROGRAM STUDI
Untuk mencapai kompetensi – kompetensi tersebut maka program studi menerjemahkannya menjadi capaian pembelajaran masing – masing mata kuliah, dengan pembobotan yang sesuai dengan tujuan dan sillabus setiap mata kuliah. Beberapa mata kuliah tertentu memuat lebih dari satu  kompetensi di atas, namun tidak ada mata kuliah yang membelajarkan sekaligus kesebelas kompetensi tersebut.
Untuk lebih memperlengkapi lulusan program studi Teknik Kimia dalam mempraktekkan Teknologi Kimia yang telah di pelajari pada setiap tingkatan, maka disiapkan 5 (lima) paket pembelajaran laboratorium yang menekankan pada penguasaan penerapan teknologi proses. Paket-paket tersebut yang di integrasikan ke dalam kurikulum dan di laksanakan secara berjenjang pada setiap tingkat.
Dalam bidang penelitaian, program study Teknik Kimia UKI Paulus telah merancang arah pengembangan penelitian dalam Rencana Strategis Penelitian Program Studi, yang merupakan penjabaran dari Rencana Strategis Penelitian UKI Paulus Makassar. Rencana Strategi penelitian Program Studi tersebut selanjutnya dijabarkan ke dalam peta jalan (road map) penelitian dosen Teknik Kimia berdasarkan kepakaran masing-masing dosen. Mahasiswa yang akan melaksanakan penelitian sebagai tugas akhir tetap berada dalam lingkup Rencana Strategis Penelitian Program Studi yang telah ditetapkan.
Dalam bidang pengabdian kepada masyarakat, program studi merancang arah pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat yang merupakan tindak lanjut penelitian-penelitian yang telah dihasilkan. Pelaksanaan pengabdian masyarakat dikelompokkan dalam dua kelompok utama yaitu pengabdian masyarakat yang dilaksanakan dalam lingkup kampus kampus (khususnya program-program yang membutuhkan peralatan yang ada dalam kampus) dan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan di luar kampus.

STRUKTUR KURIKULUM
Untuk dapat mengikuti Program Studi Sarjana Teknik Kimaia dengan baik, mahasiswa perlu memiliki latar belakang kemampuan setara lulusan SMU IPA. Mahasiswa dengan latar belakang pendidikan Kejuruan/SMK Kimia, Farmasi dan Industri yang berprestasi baik juga dapat di terima.
Pada kurikulum tahun 2007, jumlah SKS yang harus di lulusi oleh seorang mahasiswa untuk menjadi Sarjana Teknik Kimia adalah 152 SKS. Sedangkan pada kurikulum tahun 2014 ini (KBK) jumlah SKS yang harus di lulusi adalah 144 SKS.

DOSEN:
Prof. Dr. Ir. Tjodi. Harlim  (Guru Besar Tetap)
Dr. Yoel Pasae, S.T., M.T
Dr. Dra. Lydia Melawaty, M.Si
Rosalia Sira Sarungallo, ST., MT
Dr. Julianus Dising, S. T., M. Si  (DLB)
Dra. Lyse Bulo, M, Si
Maxie Djonny, ST., MT
Drs. Petrus Ma'na, M.Si.
Agussalim Waangsir, S.S., M.Hum
Pdt. Lukas Dayung, M.Th.



Dr. Ir. Josefine E. Latupeirissa, M.T.
  • Workshop Penelitian
  • Profil Lulusan
  • paduan Suara pada Natal UKI Paulus Tahun 2014
  • Penerimaan Delegasi FMMI
  • Workshop Pusat Karir yang di Laksanakan Kopertis Wilayah IX
ke atas
  • Gabung bersama kami